Beasiswa

3 Aspek Penting untuk Mendapatkan Beasiswa S1

Beasiswa S1 dalam & luar negeri menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan studi tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Bahkan, tak hanya uang kuliah, tetapi ada kalanya biaya hidup juga dapat diperoleh dari beasiswa. Sungguh sangat memikat program beasiswa, tak mengherankan kalau orang-orang harus berjuang dengan ekstra untuk mendapatkannya. Hal ini salah satunya dapat dilihat dari tingkat pesaing yang begitu banyak dan membludak sedangkan yang diterima lebih sedikit. Bayangkan hampir 90 persen peserta harus dikurangi untuk menyeimbangkan jumlah kuota.

beasiswa-s1

Dalam memperjuangkan beasiswa khususnya S1, ada beberapa hal penting yang perlu dipahami untuk memperbesar peluang mendapatkannya. Apa saja itu? Yuk, simak pada uraian berikut:

Syarat

Syarat adalah hal utama yang patut diperhatikan agar bisa lulus administrasi sebagai pendaftar beasiswa. Seperti halnya beasiswa President University yang harus mengikut placement test khusus untuk Jababeka Scholarship. Selain itu pula, melengkapi berbagai dokumen penting seperti pas foto, foto kopi ijazah, KTP/Passport/SIM, sertifikat (jika ada), dan lain sebagainya. Namun, tak menutup kemungkinan di universitas lain juga memberikan syarat-syarat tertentu, misalnya nilai, akreditas sekolah, jurusan, dan lain-lain. Ingat, saat memilih beasiswa dari beberapa universitas, syarat menjadi bagian penting yang perlu dicermati terlebih dahulu untuk mencapai langkah selanjutnya. Bila sudah masuk kriteria sekolah, maka artinya peluang sudah ada.

Waktu pendaftaran

Setelah melihat syarat yang ditetapkan oleh universitas, jangan lupa ketahui waktu pendaftaran. Masa yang sudah lewat pastinya tidak dapat dikejar ulang atau memilih untuk menunggu pendaftaran tahun depan. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika mencari universitas lain yang juga menawarkan beasiswa dengan waktu pendafataran yang masih berlaku atau belum tutup. Meskipun di universitas yang menjadi pilihan kedua memberikan nilai beasiswa yang lebih sedikit, namun bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan dengan mudah karena peminatnya lebih sedikit. Dibandingkan universitas utama yang sangat menggiurkan tapi belum pasti bisa memperoleh beasiswa sebab bejibunnya pesaing. Untuk itu, pastikan waktu pendaftaran masih dapat diikuti agar harapan memperoleh beasiswa tidak kosong.

Penilaian

Bobot penilaian termasuk satu hal yang juga harus ditinjau lebih lanjut untuk memenangkan beasiswa. Penilaian umumnya terletak pada beberapa hal, di antaranya akademik (umum), bahasa asing, dan wawancara. Nilai atau skor akademik dari berbagai pengetahuan mesti bagus. Begitu pula untuk bahasa asing, umumnya tes TOEFL atau IELTS skor yang harus dicapai lebih dari 500. Jika tidak mencapai total tersebut, dapat dipastikan akan gugur atau gagal mendapat beasiswa. Oleh karena itu, kemmapuan mendengarkan, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris harus benar-benar dimaksimalkan. Selain itu pula adanya tes wawancara, ini termasuk satu penilaian yang sangat penting dan mesti diprioritaskan. Sebab sikap dan etika akan tampak terlihat ketika diwawancarai. Mampu menguasai beberapa bahan materi yang akan ditest, memungkinkan untuk lolos dan menjadi satu dari ribuan pemenang beasiswa lainnya.

Beasiswa memberi kesempatan bagi anak bangsa untuk memperoleh haknya dalam mendapat dan melanjutkan pendidikan tanpa harus terhambat karena masalah biaya, hingga nantinya mampu meraih gelar seperti yang diinginkan dan berkesempatan dalam mengayomi pekerjaan yang diharapkan. Jangan putus asa ketika gugur meraih beasiswa bahkan untuk pertama kalinya karena masih ada kesempatan di tahun mendatang atau juga mencoba di beberapa universitas lain yang masih membuka pendaftaran. Cari terus informasi mengenai beasiswa terutama pada saat akan masuk tahun ajaran baru, agar dapat memilih kampusĀ  terfavorit yang diimpikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *